Rabu, 08 Juli 2015


Berburu kuliner Jogja memang asyik. Di daerah Kalasan, ada menu kuliner yang cukup menjadi perhatian saat ini. Soto bathok. Yang menjadi ciri utama dari soto bathok ini sebenarnya dalam bentuk penyajiannya. Soto bathok disajikan dengan menggunakan bathok atau orang biasa menyebutnya tempurung kelapa. Dengan penyajian seperti ini, soto akan tidak mudah dingin sehingga rasa kenikmatan soto akan terasa lebih awet. Selain itu, serasa kembali ke zaman dulu.
Soto bathok ini berisi nasi putih, daging sapi yang dipotong kecil-kecil, tauge,  taburan seledri, dan bawang goreng. Soto bathok ini termasuk soto bening yang tidak terlalu banyak rempah dalam campuran kuahnya. Lezat, gurih, punya cita rasa yang unik.
Pemandangan yang disuguhkan di tempat ini adalah hamparan padi dan candi Sambisari. Karena itu tempat ini letaknya tak seberapa jauh dari lokasi candi, jalan 50 m ke arah utara candi Sambisari. Tepatnya Jalan  Candi Sambisari, Desa Sambisari, Kalasan, Sleman. Tempat soto ini buka dari jam 06.00 pagi sampai dengan selesai, biasanya jam 10.00-11.00 sudah habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar