Kamis, 02 April 2015

Gudeg Manggar, Kuliner Racikan Putri Panembahan Senopati


Setiap orang yang datang ke Jogja akan dengan senang hati merelakan lidahnya untuk mengecap kuliner Jogja yaitu gudeg. Gurih  dan manisnya olahan gori atau nangka muda yang berpadu dengan pedasnya  krecek memang bikin lidah tak henti bergoyang.
Belum lagi nikmatnya lauk telor ayam, ayam suwir atau tahu tempe bacem. Siang malam, gudeg senantiasa tersedia di tiap penjuru Yogyakarta. Gudeg telah menjadi bagian denyut nadi kehidupan Yogyakarta yang selalu diburu para pelancong dan masyarakat Jogja sendiri.
Jika gudeg umumnya terbuat dari nangka muda, hal berbeda bisa Anda temukan di kawasan Bantul. Gudeg di sini ada yang terbuat dari manggar atau putik bunga kelapa. Konon, Gudeg manggar telah ada sejak 500 tahun lalu. Sejarah Gudeg Manggar bermula dari racikan Puteri Pembayun yang merupakan istri dari Ki Ageng Mangir, pemimpin perdikan Mangir. Puteri Pembayun merupakan putri Panembahan Senopati, pendiri sekaligus sultan Mataram Islam pertama..
Gudeg manggar ini merupakan menu istimewa di kerajaan dahulu yang biasa disajikan dengan krecek dan tempe bacem. Jadi, jika Anda mencicipi gudeg manggar, berarti Anda telah menikmati sajian istimewa kerajaan. Banyak yang bilang manggar memiliki khasiat yang sangat bagus karena bisa memancarkan kecantikan penikmatnya dari dalam. Tak mengherankan jika gudeg manggar menjadi menu favorit para puteri kerajaan dahulu kala.
Karena gudeg ini menggunakan putik bunga kelapa, bentuknya yang panjang dan sedikit bertekstur ini terasa begitu lezat ketika disantap. Racikannya yang tidak terlalu manis dan cenderung sedikit pedas. Disajikan bersama dengan suwiran ayam menjadikan gudeg ini semakin lezat. Benar-benar menggugah selera. Tidak heran jika menu ini digadang-gadang sebagai salah satu menu gudeg yang sangat digemari. Bahkan konon gudeg jenis ini juga disajikan di perhelatan Kraton Jogja.
Jika Anda tertarik mencicipinya, bisa datang ke salah satu warung Gudeg Manggar yang cukup digemari di Bantul. Yaitu gudeg manggar Bu Jumilan, bertempat di Jl. Srandakan KM. 8 Manggiran, Trimurti Bantul. Warung makan ini terletak di pinggar jalan utama menuju Srandakan dekat Pasar Manggiran. Buka dari pagi hari hingga habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar