Rabu, 06 Mei 2015

Soto Dalbe, Idola Sejuta Pemburu Sarapan


Salah satu menu sarapan favorit masyarakat Jogja ialah soto.   Dan, adalah Soto Ayam Pak Dalbe yang terletak di jalan utama kota Yogyakarta, tepatnya di jalan Jendral Sudirman menjadi bagian dari kuliner  yang sangat terkenal ini. Warung soto ini terletak tepat di samping Pizza Hut, Jogja. Lokasinya nyempil dengan ukuran warung yang kecil. Kalaupun tidak dapat tempat duduk di dalam warung, Anda juga dapat menyantap soto di luar warung (di trotoar jalan).
Jangan salah, meski di pinggir jalan utama dan di sebelah tempat makan ngetop, warung ini tetap bertahan dan banyak dikunjungi para pecinta soto, khususnya soto ayam. Rasa kuahnya sedikit manis dan berwarna coklat kekuningan, namun tetap gurih dan menyegarkan.
Soto ayam ini berisi suwiran ayam kampung, bihun, kubis, tauge, seledri, dan lenthok. Lenthok ini yang merupakan ciri khas soto ayam Jogja. Lenthok semacam perkedel yang dibuat dari ubi jalar, rasanya gurih dan hampir mirip perkedel kentang. Soto Ayam ini kuahnya cenderung agak manis, tetapi tidak meninggalkan rasa gurih asli soto.
Panas, gurih, dan segar. Itu yang menjadi andalan sajian dalam menu soto ini. Menu pendampingnya adalah sate ayam dan gorengan. Anda juga bisa meminta tambahan khusus berupa kepala ayam, ati ampela goreng, atau ceker ayam. Untuk semangkok soto dan segelas teh, jeruk panas, dingin anda hanya cukup membayar Rp10.000. Sementara untuk sate dan gorengannya sekitar 1.000 rupiah. Yuk, sarapan di soto Pak Dalbe yang sudah melegenda di kalangan pecinta kuliner Jogja ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar