Selasa, 05 Mei 2015

Kol Nenek Mak Erot, Kuliner yang Bikin Greng!


Dengan mengambil tagline Spesial Kulinari Indonesia, RM Handayani ini menyajikan 50 menu masakan khas Indonesia. Namun karena berasal dari Surabaya, beberapa menu yang disajikan merupakan menu khas Surabaya. Sang pemilik rumah makan ini mengambil ciri khas Jawa Tengah sebagai sentuhan desain interiornya. Terlihat dari gebyog yang diletakkan sebagai latar panggung kecil dan ditambah dengan ukiran di tiang-tiang penyangga.
Rumah makan ini cukup luas dan terkesan lega, jadi kalau pun penuh dengan pengunjung, tidak akan terasa sempit. Pas untuk rombongan piknik dan keluarga. Bicara tentang pelayanan, cukup memuaskan, kok. Ramah, cepat tanggap dan yang paling jempolan adalah tidak perlu lama menunggu pesanan datang. Nama-nama menu makan di sini memang sangat unik dan nyentrik untuk didengar. Antara lain Nasi campur Handayani, udang segara nusantara, sate ayam mak nyus, ayam mak kres, cumi-cumi mabuk kasmaran, sup seafood asam pedas nyuk-nyuk, dan masih banyak lagi.
Ada salah satu favorit di sini yaitu Kol Nenek Mak Erot. Ini merupakan menu makan yang berasal dari kerang yang dimasak sup dengan bumbu tauco.  Asal mula nama Kol Nenek itu sendiri memang nama asli sebutan kerang tersebut, di daerah Jawa Timur. Di Jawa Tengah makanan ini dikenal sebagai ‘kol nenek’, lain halnya dengan di daerah Jawa Barat yang menyebutnya sebagai tutut monyong.
Ukuran keong ini tidak begitu besar kira-kira seruas jari saja dan biasanya ditemui di restoran bermenu Jawa. Di RM Handayani, kol nenek disajikan mirip sup tetapi dengan kuah berwarna kehitaman. Rasanya agak gurih dengan irisan cabai merah yang besar-besar. Kol Nenek Mak Erot ini merupakan best seller di resto ini. Selain itu, kol nenek mak erot sangat sangat digemari kaum pria karena bisa bikin greng. Kuliner Jogja ini seharga Rp39.000 ini hanya bisa didapatkan di RM Handayani yang beralamat di Jl. Laksda Adisucipto km.6 no.48 B jogja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar