Selasa, 10 Maret 2015

Nasi Lemak dan Teh Tarik, Sejoli yang tak Terpisah!


Di salah satu sudut Jalan Kaliurang yaitu kilometer 5, terdapat Rumah Makan Rempah Asia yang menyediakan menu-menu Asia, terutama Malaysia. Di sini dijual nasi lemak yang cukup mengobati rasa kangen para pendatang dari Malaysia.
Perlu diketahui, nasi lemak adalah jenis makanan khas Suku Melayu yang biasa ditemukan di Malaysia. Makanan ini dianggap sebagai salah satu hidangan nasionalnya. Di Indonesia pun sebenarnya sudah cukup terkenal, biasanya di Sumatera dan yang berdekatan dengan Malaysia. Hidangan ini pun dapat ditemukan di Singapura dan Brunei. Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi.
Istilah lemak dalam Bahasa Melayu atau lamak dalam Bahasa Minangkabau merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak. Berminyak akibat santan kelapa yang diserap kandungan lemak nabatinya ke dalam nasi yang tengah ditanak. Nasi lemak seperti nasi uduk jika di Jogja. Karena merujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk memberikan citarasa gurih. Kadangkala daun pandan dimasukkan ketika nasi lemak dimasak untuk menambahkan aromanya.
Nasi lemak di Rumah Rempah Asia ini, dihidangkan dengan menu ayam merah, telur, ayam kurma, ayam cili, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000. Nasi lemak sangat cocok dengan teh tarik. Bagaimana, tertarik kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar